Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui tentang jenis-jenis keyword dalam Search Engine Marketing (SEM). Jika ingin memulai menjadi pengiklan, setidaknya Anda harus memahami empat jenis keyword match atau pencocokan kata kunci berbeda dalam campaign iklan Anda. Semuanya dapat digunakan dengan penggunaan berbeda tergantung pada target Anda.
Saat pertama kali membuat campaign iklan, harusnya Anda menghindari beberapa kesalahan penargetan kata kunci secara umum. Kesalahan penargetan akan mengakibatkan pembengkakan pada budget iklan Anda. Berikut empat jenis keyword match yang dimiliki Google Ads:
1. Broad Match Keywords
Keyword Google Ads yang menggunakan fitur jenis Broad Match Keywords akan dicocokan dengan istilah dan sinonim terkait. Iklan akan muncul pada hasil pencarian serupa dimana Google secara otomatis akan mendeteksi sinonim, typo dan hasil pencarian lain yang dianggap relevan. Jenis ini akan memperluas jangkauan dan berguna bagi pengiklan dengan anggaran besar.
Contoh Broad Match Keywords: Jika Anda mengetikkan keyword makanan kering kucing dalam sebuah campaign iklan, maka iklan bisa muncul dengan query makanan kering kucing atau bahkan pakan kering kucing.
2. Broad Match Modifier Keywords
Iklan Google Ads yang menggunakan jenis Broad Match Modifier Keywords akan menggunakan simbol tanda plus (+). Jenis keyword ini akan dicocokan dengan query penelusuran yang memiliki unsur keyword tersebut. Ini adalah pilihan yang bagus untuk pengiklan karena mencakup banyak istilah penelusuran yang berbeda sembari tetap dapat menjaga campaign iklan tetap teratur.
Contoh Broad Match Modifier Keywords : Jika Anda mengetikkan keyword makanan+kering+kucing dalam sebuah campaign iklan, maka iklan bisa muncul dengan query makanan kering untuk kucing.
3. Phrase Match Keywords
Iklan Google Ads yang memakai fitur Phrase Match Keywords menggunakan tanda kutip petik sebagai pengubah. Iklan akan dicocokan dalam query penelusuran yang menyertakan frasa yang Anda targetkan dan kata kunci Anda. Beberapa pengiklan memilih untuk menggunakan Phrase Match Keywords untuk menargetkan beberapa istilah penelusuran paling populer yang diketik pelanggan.
Contoh Match Modifier Keywords : Jika Anda mengetikkan keyword “makanan kering kucing” dalam sebuah campaign iklan, maka iklan bisa muncul dengan query makanan kering kucing murah, makanan kering kucing terbaik, makanan kering kucing di Jakarta Selatan.
4. Exact Match Keywords
Iklan dengan Exact Match Keywords menggunakan tanda kurung sebagai pengubah. Iklan ini bakal dicocokan dengan query penelusuran yang benar – benar tepat. Biasanya jenis-jenis keyword ini digunakan pengiklan yang hanya ingin iklannya tampil sesuai dengan target keyword, meskipun tentu saja akan membatasi jangkauan.
Contoh Exact Match Keywords : Jika Anda mengetikkan keyword [makanan kering kucing terbaik] dalam sebuah kampanye iklan, maka iklan hanya muncul dengan query makanan kering kucing terbaik.
Selain empat jenis-jenis keyword diatas, Google Ads juga menyediakan fitur Negative Keywords dengan penambahan tanda minus (-) sebagai pengubah. Ini digunakan untuk mengecualikan iklan Anda agar tidak tampil pada query penelusuran yang tidak terkait atau berkonversi rendah. Anda bisa menambahkan –berbahaya agar iklan tidak muncul pada query makanan kering kucing yang berbahaya.
Mengoptimalkan penargetan keyword dengan mengenal jenis-jenis keyword adalah sesuatu yang perlu Anda lakukan sebelum memulai kampanye iklan pencarian Google Ads. Keyword yang dipakai beserta unsur – unsur pendukung yang melekat merupakan faktor penting untuk kinerja kampanye secara keseluruhan. Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar SEM, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan A-Creative.