
Meta description SEO merupakan salah satu elemen penting untuk meningkatkan kunjungan pada situs Anda. Ketika pergi ke toko buku atau perpustakaan Anda kemungkinan akan meluangkan waktu sejenak untuk membaliknya, lalu membaca sampul belakang sebelum memutuskan membaca atau membelinya. Seperti itulah gambaran sederhana dari meta description.
Meta description yang biasa ditemukan dalam elemen HTML, pada dasarnya adalah “sampul belakang” dari sebuah halaman situs. Elemen ini memberikan penjelasan singkat tentang apa saja yang tersaji dalam situs Anda kepada mesin pencari dan calon pengunjung situs. Elemen SEO meta description tag, title tag serta meta keyword tag, membentuk sekelompok elemen yang secara kolektif dikenal sebagai metadata.
Anda dapat mengedit deskripsi meta Anda dengan merubah kode HTML situs atau dengan bantuan plugin seperti Yoast jika menggunakan WordPress. Dan meski mungkin tidak secara langsung memengaruhi SERP sebesar faktor lainnya, namun dengan mengoptimalkannya Anda akan mendapatkan rasio klik yang lebih tinggi. Nah, di bawah ini adalah tips membuat meta description SEO yang efektif.
1. Optimalkan Panjang Meta Description
Panjang optimal untuk meta description kurang lebih antara 100-150 karakter. Google akan memotong deskripsi meta yang melampaui batas 150 karakter. Maka Anda harus menulis meta description tak lebih dari angka tersebut, namun harus mampu menggambarkan isi dari keseluruhan konten situs Anda.
2. Tulis Kalimat yang Menarik
Karena tittle tag dan meta description SEO sama-sama muncul di hasil pencarian, usahakan untuk menulisnya seperti layaknya iklan. Singkatnya tittle tag berfungsi sebagai judul sementara meta description adalah subjudulnya. Tunjukkan calon pengunjung apa yang akan mereka dapatkan saat mengklik situs Anda serta alasan mereka harus mengklik.
3. Masukan Kata Kunci Utama dan Kata Kunci Sekunder
Pastikan untuk memasukkan kata kunci utama Anda dalam meta description, juga sertakan kata kunci sekunder lain. Pada hasil pencarian, Google bakal menyorot atau menebalkan kata kunci yang ada dalam meta description, jadi tempatkanlah kata kunci target Anda di sini.
4. Buat Meta Description SEO Unik
Jika Anda tak memasukkan meta description, mesin pencari akan memilih teks dalam halaman Anda untuk deskripsi yang mungkin bukan representasi yang baik dari situs Anda Namun biasanya pemilik situs mengatasinya dengan hanya menyalin sebagian isi halaman untuk ditempatkan dalam meta description. Meskipun hal itu sah – sah saja, ada potensi konten duplikat yang justru bisa merusak kualitas halaman Anda. Jadi ada baiknya untuk menulis deskripsi yang benar-benar unik berdasarkan konten di halaman itu.
5. Jangan Menyalahgunakan Meta Description SEO
Seperti yang dijelaskan diatas, Google dan sebagian besar mesin pencari utama lainnya akan menebalkan kata kunci dalam hasil pencarian. Namun jangan mencoba untuk menyalahgunakannya dengan memasukan kata kunci dalam deskripsi secara berulang-ulang atau tak relevan. Mesin pencari akan melihat hal itu sebagai spam dan menyingkirkan situs Anda pada hasil pencarian. Meta description SEO yang ideal harus dapat dibaca sebagai kalimat yang singkat dan menarik.
SEO adalah sebuah kompetisi yang semakin hari semakin ketat. Jadi Anda perlu mencari cara untuk membuat situs Anda menonjol di SERP. Meta description SEO yang informatif dan unik adalah salah satu cara yang bagus untuk menarik perhatian calon pengunjung. Namun jika Anda kesulitan untuk menerapkannya trik SEO ini, A-Creative Digital Marketing Agency yang berpengalaman dalam SEO, SEM dan SMM selalu siap membantu Anda.