Branding toko online sangat penting diperhatikan. Ini bisa menjadi kunci menjadi pengusaha sukses di masa depan.Saat ini bisnis toko online tidak hanya dimanfaatkan sebagai usaha sampingan belaka. Telah banyak pengusaha baru merasakan manfaat toko online sebagai jalan utama mencapai kesuksesan.
Learnwoo dan Makewebbetter membagikan berbagai tips mengenai cara branding toko online yang efektif. Mari kita simak ulasan lengkapnya pada artikel berikut ini.
Jangan remehkan peranan branding bagi toko online. Agar dapat terus maju dan berkembang, Anda harus tahu cara branding yang efektif. Ini bermanfaat untuk membangun kepribadian merek serta menjaga hubungan dengan konsumen.
1. Identifikasi Target Konsumen Toko Online
Langkah utama dalam branding toko online adalah menentukan siapa target konsumen. Anda harus memiliki gambaran jelas siapa yang akan tertarik dengan produk toko online yang ditawarkan. Misalnya:
- ibu rumah tangga
- pelaku usaha UMKM
- remaja putri
- orang kantoran
- pemerhati kesehatan
- dll.
Target konsumen yang tepat dapat mempermudah dalam menentukan bentuk kampanye yang akan dilakukan. Sehingga anggaran branding toko online dapat dialokasikan secara efektif dan efisien.
2. Tentukan Unique Selling Proposition (UPS)
UPS merupakan faktor yang membedakan bisnis Anda dibandingkan bisnis serupa lainnya atau para pesaing. Agar branding toko online terlihat lebih menonjol dibandingkan yang lain, soroti beberapa aspek penjualan unik dari budaya, kebijakan, produk, atau layanan yang Anda tawarkan.
3. Pentingnya Visi Misi dalam Branding Toko Online
Visi dan misi akan memberikan gambaran jelas mengenai apa tujuan keberadaan toko online Anda dan apa manfaatnya bagi konsumen. Hal ini dapat mempermudah calon konsumen memahami apa yang Anda tawarkan dan dapat lakukan untuk mereka.
4. Membuat Logo dan Motto yang Menarik
Tidak kalah penting dalam branding toko online adalah membuat logo dan moto yang menarik. Ini adalah faktor utama yang dapat dengan mudah mengingatkan konsumen pada merek Anda.
Banyak merek yang sangat mudah dikenali karena logonya yang menarik walaupun tidak tertulis nama mereknya. Sementara motto harus bisa menggambarkan kelebihan toko Anda hanya dalam satu kalimat yang mudah diingat.
5. Manfaatkan media sosial
Keberadaan media sosial dapat memberikan manfaat maksimal bagi branding toko online. Dengan eksis di sosial media, Anda dapat menggunakannya sebagai media promosi, membangun engagement dengan konsumen baru atau lama, serta meningkatkan traffic ke toko online Anda.
6. Berikan Layanan Customer Service Terbaik
Makewebbetter menyebutkan bahwa 90% orang Amerika mempertimbangkan layanan customer service untuk menentukan apakah mereka akan menggunakan merek tertentu atau tidak. Maka dari itu, untuk membangun branding toko online yang efektif, selalu berikan layanan customer service terbaik. Pastikan para staf memenuhi SOP yang telah ditetapkan dan terlatih memberikan layanan maksimal.
7. Berbagi Cerita Dalam Membangun Branding Toko Online
Berbagi cerita mengenai bagaimana Anda memulai dan membangun usaha hingga saat ini, dapat membentuk ikatan emosional dengan para konsumen. Ceritakan jatuh bangun usaha yang dijalani, sehingga konsumen dapat merasa terhubung dengan hal tersebut dan lebih tertarik pada toko online Anda.
8. Manfaatkan Email Pemasaran
Email pemasaran dapat memberikan banyak manfaat dalam branding toko online. Pasalnya, Anda bisa menggunakan email pemasaran untuk mempersonalisasi berbagai promosi. Kelebihan email pemasaran antara lain adalah biayanya lebih rendah dibandingkan saluran pemasaran lain, efektif menghasilkan prospek, menjaga konsumen tetap setia serta mendorong konsumen kembali mengunjungi toko online Anda.
9. Menentukan Strategi Konten
Branding toko online tidak akan lengkap tanpa menentukan strategi konten promosi. Dengan konten yang menarik dan efektif, akan sangat membantu mulai dari kesadaran merek hingga memelihara loyalitas konsumen.
Itulah berbagai strategi branding toko online yang efektif. Digital marketing merupakan bagian branding toko online yang sangat penting dan tidak boleh dikerjakan asal-asalan. A-Creative adalah digital marketing agency yang dapat memberikan layanan berbagai kebutuhan pelaku usaha online individu maupun perusahaan. Dengan SDM yang ahli di bidangnya, A-Creative dapat mewujudkan strategi branding toko online Anda secara efektif.