
Untuk dapat melakukan pemasaran yang optimal terhadap sebuah produk, Anda perlu perhatikan tahapan customer journey Anda. Customer journey adalah berbagai tahapan pengalaman pelanggan Anda berinteraksi dengan brand Anda. Dengan memahami hal ini, Anda dapat membuat konten yang sesuai agar efek dari strategi Anda akan maksimal. Nantinya, Anda semakin berpeluang untuk mencapai objektif bersama tim Anda.
Pengguna internet sebenarnya memiliki kepentingan yang berbeda-beda meski Anda bisa menjadikan berbagai kepentingan mereka sebagai konversi. Ada di antara mereka yang memanfaatkan internet untuk bekerja, sarana hiburan, hingga mencari informasi terkait jenis produk yang mereka inginkan. Hardselling bisa menjadi teknik yang tepat, namun harus sesuai dengan customer journey Anda.
Pengertian Customer Journey
Pernahkah Anda memperhatikan cara konsumen berinteraksi dengan produk dari brand Anda? Hal tersebut merupakan salah satu dari customer journey Anda. Menurut Sciencedirect, interaksi mengacu pada aktivitas audiens dalam melihat produk yang ditawarkan brand Anda, hingga melakukan transaksi pembelian produk hingga selesai.
Dengan mempelajari pola belanja audiens, Anda nantinya akan mampu menentukan strategi pemasaran yang terbaik. Customer journey juga bisa dijadikan acuan untuk pemilihan jenis konten. Konten yang sesuai dengan minat dan pola belanja audiens akan mampu menarik perhatian mereka. Jika Anda telah berhasil menarik perhatian audiens, maka mereka akan berselancar ke dalam media sosial maupun website dari brand Anda. Dan, tentu saja Anda akan siap untuk melakukan hardselling!
Tahapan Customer Journey
Customer journey harus dijadikan pertimbangan terhadap teknik promosi yang Anda terapkan. Jika Anda hendak melakukan hard selling, Anda perlu memastikan bahwa pola interaksi audiens sesuai dengan perjalanan mereka menemukan brand Anda. Jika tidak, mereka akan menganggap metode pemasaran yang Anda lakukan terlalu agresif. Hal itu akan membuat mereka tidak nyaman dan merasa diburu-buru.
Hard selling merupakan pendekatan yang bersifat langsung atau gamblang. Pendekatan ini biasanya juga mendorong konsumen untuk segera melakukan transaksi. Namun, metode ini bisa juga menjadi efektif untuk situasi tertentu. Yang jelas, Anda harus memperhatikan customer journey Anda terlebih dahulu dan melakukan penyesuaian terhadap jenis konten yang akan mereka lihat.
Konten Untuk Brand Awareness
Banyak dari audiens ialah calon konsumen yang baru mengetahui brand Anda. Untuk itu, membuat konten yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness adalah hal yang cukup penting. Anda dapat mengenali pola audiens dalam mendapatkan awareness. Biasanya, awareness akan Anda dapatkan setelah mereka mengunjungi platform bisnis Anda (entah itu website, media sosial, email, dan sebagainya).
Membuat Konsumen Mempertimbangkan Produk Anda
Agar konsumen mempertimbangan produk yang Anda tawarkan, maka Anda perlu menjawab pertanyaan serta mengatasi permasalahan yang mereka miliki. Dengan begitu, konsumen tidak akan ragu untuk menjatuhkan pilihan pada produk Anda. Bahkan jika produk Anda merupakan solusi yang tidak mereka dapatkan di tempat lain, sangat mungkin mereka akan melakukan pembelian secara berulang.
Mempengaruhi Keputusan Audiens
Jika audiens telah mempertimbangkan produk Anda maka tahap selanjutnya adalah membuat audiens mengambil keputusan untuk melakukan pembelian. Hal ini bisa dilakukan dengan menampilkan kelebihan-kelebihan serta pembeda antara produk Anda dengan produk sejenis lainnya. Anda juga perlu membuat konten yang kreatif untuk menyenangkan hati audiens, karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan yang mereka lakukan. Nah, posisi inilah yang tepat untuk melakukan hardselling.
Untuk lebih dalam mempelajari tentang tahapan – tahapan perjalanan pelanggan Anda, silakan baca artikel berikut ini: Bongkar Tuntas Strategi Marketing Funnel
Apakah Anda kesulitan untuk membuat konten yang sesuai dengan customer journey Anda? A-Creative memiliki team lengkap untuk membantu Anda merencanakan, membuat, dan mengevaluasi konten yang sesuai agar menghasilam konversi untuk bisnis Anda. Silakan isi formulir berikut ini untuk mendapatkan penawaran kami.
[fluentform id=”2″]