Kalau kamu akrab dengan dunia pemasaran pasti sudah cukup sering mendengar istilah digital marketing dan internet marketing. Ya, sekarang ini hampir sebagian besar kegiatan pemasaran dilakukan dengan memanfaatkan media digital dan media internet. Tapi, apakah kamu sudah tahu jika keduanya sebenarnya berbeda? Mari kita pelajari perbedaannya digital marketing dan internet marketing.
Pengertian Digital Marketing dan Internet Marketing

Keduanya sama-sama strategi pemasaran dengan tujuan dasar memperkenalkan suatu brand atau produk ke target konsumen. Hal yang membedakan keduanya ada pada bagian kata ‘digital’ dan ‘internet’. Apakah kamu cukup teliti untuk menemukan perbedaannya?
Digital marketing adalah upaya dalam proses pemasaran melalui media digital. Media digital di sini memiliki arti lebih luas, tidak hanya sebatas internet saja. Sedangkan, internet marketing adalah proses pemasaran dengan memanfaatkan media online atau media yang terhubung dengan internet.
Perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing

Secara garis besar tujuannya memang sama, tapi jika dikupas lebih mendalam keduanya punya perbedaan tujuan promosi dan target audiens.
Internet marketing punya target audiens yang lebih spesifik yaitu para pengguna internet. Sedangkan, digital marketing target audiensnya bisa berbeda tergantung media yang digunakan. Target audiens digital marketing bisa saja penonton televisi, pendengar radio, pengguna jalan yang dapat melihat billboard elektronik dan sebagainya.
Internet marketing punya tujuan yang lebih pasti dan tepat sasaran. Kamu bisa menargetkan audiens berdasarkan spesifikasi tertentu seperti usia, jenis kelamin, lokasi, minat dan lain-lain. Kamu juga bisa mendorong konsumen melakukan transaksi jual beli menggunakan internet marketing.
Tujuan tersebut bisa tercapai karena target audiens dalam internet marketing terhubung dengan sistem online sehingga bisa langsung diarahkan untuk melakukan transaksi pembelian. Sedangkan dalam digital marketing, proses pemasaran atau promosi belum tentu terhubung dengan internet.
Oleh karena itu, digital marketing punya tujuan pemasaran lebih umum yaitu memperkenalkan dan mempromosikan produk, layanan atau brand tertentu.
3. Contoh Perbedaan Penggunaan
Digital marketing
Tahukah kamu bahwa sebenarnya Internet marketing juga bagian dari digital marketing. Penggunaan digital marketing meliputi semua media digital yang ada saat ini.
Contoh digital marketing:
- Iklan Televisi
- Billboard elektronik
- SMS marketing
- Majalah atau koran elektronik
- Jasa influencer
- online marketing
Seperti yang kamu lihat pada daftar di atas. Internet marketing juga termasuk dalam bagian digital marketing. Sebab, dalam pelaksanaannya juga menggunakan media digital seperti smartphone, laptop dan lain-lain. Bedanya, internet marketing harus selalu terhubung dengan internet sedangkan digital marketing tidak.
Contoh internet marketing:
- SEO (Search Engine Optimization)
- SEM (Search Engine Marketing)
- E-Mail marketing
- Media sosial marketing
- Iklan online
Sebenarnya, tidak terlalu sulit ya memahami perbedaan dua istilah yang hampir mirip ini ya!. Hal pentingnya adalah selalu perhatikan tujuan dan target pemasaran supaya bisa menentukan strategi marketing yang paling tepat. Semoga dengan penjelasan ini kamu tidak kesulitan lagi membedakan keduanya.
Untuk mendapatkan layanan digital marketing gratis kamu bisa like Facebook page A-Creative atau follow Instagram A-Creative sekarang, ya!
baca juga : Hal ini Penting Dikuasai Jika Ingin Menjadi Digital Marketer Andal