
Kebiasaan menunda suatu pekerjaan biasa disebut dengan procrastination. Hal ini merupakan suatu respons dari otak manusia ketika akan mengerjakan sesuatu yang dianggap tidak nyaman atau sulit. Menunda pekerjaan berarti pula adanya indikasi bahwa seseorang tidak memiliki passion atas aktivitas tertentu. Melakukan sesuatu yang tidak disukai dapat menimbulkan stres pada manusia. Sehingga akan timbul rasa cemas dan area otak akan dikaitkan dengan nyeri.
Maka otak manusia akan mencari celah agar dapat menghentikan perasaan negatif tersebut. Bagaimana caranya? Dengan mengalihkan perhatian pada sesuatu yang dianggap lebih menarik dan menyenangkan. Sehingga pekerjaan tersebut menjadi tertunda.
Meskipun terlihat wajar, namun efek yang dirasakan bisa sampai jangka panjang karena dapat mempengaruhi aspek kehidupan lainnya. Maka dari itu, Anda harus segera mengatasinya. Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa cara efektif yang dapat digunakan untuk menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan, yaitu:
Kenali hal yang membuat Anda produktif
Kenali kondisi atau hal seperti apa yang membuat Anda nyaman. Apakah ada lokasi, waktu, atau barang tertentu yang membuat pekerjaan Anda menjadi lebih maksimal? Contoh sesuatu yang sering menjadi penyebab distraksi adalah ponsel. Jika hal ini juga mengganggu Anda, segera jauhkan ponsel ketika bekerja agar bisa lebih produktif.
Pilih tempat nyaman
Cara berikutnya yang bisa membuat Anda tidak menunda pekerjaan adalah dengan memilih lokasi atau tempat kerja yang tepat dan nyaman. Tentukan lokasi yang nyaman dan kondusif agar Anda dapat bekerja maksimal. Karena terkadang pemilihan tempat yang tepat akan menentukan produktifitas Anda dalam bekerja.
Siapkan cemilan yang disukai
Cara berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menyiapkan cemilan seperti makanan atau minuman yang Anda sukai. Hal ini bisa membantu Anda untuk lebih semangat dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Bahkan pekerjaan yang mungkin Anda kurang sukai. Tapi, jangan sampai cemilan ini juga menjadi distraksi Anda dalam melakukan pekerjaan ya.
Mendengarkan musik
Mendengarkan musik dapat membantu Anda untuk meningkatkan mood atau perasaan saat mengerjakan sesuatu. Ketika Anda sudah mulai bosan saat mengerjakan suatu pekerjaan, pasti Anda akan menunda pekerjaan tersebut. Nah, untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa sambil mendengarkan musik agar tidak jenuh dan mood naik kembali. meningkatkan mood dalam mengerjakannya kembali.
Mengajak rekan kerja
Mungkin Anda adalah tipe orang yang harus ada menenmai ketika melakukan suatu pekerjaan. Nah, Anda bisa mengajak teman atau rekan kerja Anda untuk mengerjakan pekerjaan bersama-sama di luar lingkungan kerja supaya bisa lebih produktif. Karena biasanya jika sendirian, Anda akan mudah jenuh dan malas, sehingga akan menunda pekerjaan tersebut.
Baca Juga: Metode Disiplin Orang Jepang Untuk Mengatasi Sifat Malas
Buat checklist harian
Anda bisa membuat checklist harian, mingguan, atau bulanan untuk menghindari kebiasaan menunda pekerjaan. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa dengan membuat suatu daftar hal yang akan dilakukan secara rutin, bisa membantu Anda untuk menyelesaikan tugas tersebut dengan cepat. Anda bisa mengatur jadwal dimulai dengan pekerjaan yang paling penting atau pekerjaan yang Anda kurang sukai terlebih dahulu.
Atur pengingat lebih cepat
Setelah Anda membuat daftar jadwal pekerjaan, aturlah pengingat dengan waktu yang lebih cepat dari deadline yang diberikan sehingga Anda akan termotivasi untuk menyelesaikannya sebelum deadline yang sebenarnya.
Segera mulai
Cara yang berikut ini mungkin agak terkesan sulit untuk dilaksanakan. Akan tetapi, beberapa psikolog ada yang menyampaikan bahwa sesaat Anda memulai suatu pekerjaan, perasaan tidak nyaman yang mulanya dikaitkan dengan pekerjaan tersebut langsung turun secara drastis. Sehingga Anda akan merasa lebih nyaman ketika mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan tersebut.
Kerjakan perlahan
Anda tidak perlu terburu-buru dalam menyelesaikan. Anda dapat mengerjakannya perlahan-lahan atau dengan menyicilnya. Saat ada waktu kosong, Anda bisa mengerjakannya meskipun hanya sedikit. Karena jika Anda mengerjakannya sekaligus semua, pasti akan terlihat berat dan sulit.
Beri reward pada diri sendiri
Memberi reward atau hadiah pada diri sendiri setelah selesai melakukan suatu pekerjaan adalah cara yang terbuktif efektif. Anda bisa menentukan hadiah tersebut sebelum mulai melakukan pekerjaan, sehingga dapat meningkatkan motivasi Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.
Demikanlah beberapa cara efektif untuk menghilangkan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Semoga cara-cara tersebut dapat membantu Anda. Selamat bekerja!