Rasa percaya diri adalah salah satu hal yang dapat kita bangun dalam melakukan pekerjaan kita. Ketika kita memiliki rasa percaya diri, biasanya kita akan lebih mudah menunjukkan atau mengeluarkan kemampuan alami kita tanpa ada rasa takut diabaikan atau tidak dihargai oleh teman kerja bahkan atasan.
Namun, sayangnya tidak semua orang terlahir dan dibesarkan menjadi pribadi yang memiliki kepercayaan diri yang penuh. Meskipun kita sudah memiliki pengalaman berkarir yang banyak, tidak dipungkiri jika kia berada di tempat baru seperti kantor baru pasti rasa gugup atau rasa tidak percaya diri akan muncul. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk membangun rasa kepercayaan diri kamu di tempat ataupun kantor baru.
Dress To Impress
Saat masuk ke lingkungan tempat kerja baru atau kantor baru, pakaian yang kita gunakan menjadi salah satu elemen paling penting. Pakaian yang nyaman dan enak dipandang dapat meningkatkan rasa percaya diri kita. Bukan hanya dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri, tapi juga bisa memberikan kesan pertama yang baik dengan rekan kerja atau atasan kita.
Pakaian yang baik bukan berarti harus mahal dan harus dirancang oleh desainer ternama, ingat kita ingin bekerja bukan fashion show. Cukup gunakan pakaian rapi, sopan, dan tentunya nyaman digunakan. Karena jika sudah nyaman, aura kita pasti akan terpancar dan rasa percaya diri pun semakin meningkat.
Atur Mood dan Semangat
Hal yang perlu kamu lakukan berikutnya adalah mengatur mood dan semangat sebelum berangkat kerja. Hal ini penting untuk dilakukan, meski terlihat sepele tapi ini dapat membantu kita saat berada di kantor baru. Sesuatu yang positif pasti akan menambah rasa percaya diri. Jika mood kita sudah berantakan dari rumah, bagaimana kita bersosialisasi dengan rekan kerja kita yang lainnya. Maka dari itu, mood baik dan semangat baru akan berpengaruh terhadap hubungan atau relasimu di kantor, begitu juga dengan pekerjaan yang akan kamu lakukan.
Santai dan Enjoy
Maksud santai disini bukan artinya kamu harus bermalas-malasan, tetapi santai disini artinya tidak membebani pikiran kamu dengan pertanyaan-pertanyaan yang membuat kamu tidak menjadi percaya diri. Cobalah untuk relax dan enjoy di hari pertamamu masuk kantor baru, tenangkan pikiran, dan jangan panik agar hari pertamamu di kantor baru berjalan dengan lancar.
Mulai Berinteraksi dengan Rekan Kerja
Kamu akan menghabiskan waktu di kantor yang baru dalam waktu yang lama tentunya, bukan sehari bahkan mungkin bisa bertahun-tahun. Mulai beranikan diri kamu untuk berinteraksi dengan rekan kerja. Bangun hubungan yang baik dengan teman atau rekan kerja kamu. Dengan memiliki teman di kantor, kamu bisa mengurangi rasa tidak percaya dirimu. Kamu bisa mendapatkan support dari teman kantor kamu yang baru dan menghabiskan waktu bersama di kantor.
Memberi penghargaan pada diri sendiri
Percaya diri adalah tentang bagaimana kamu melihat dan menghargai diri sendiri, jadi jangan terlalu keras pada diri sendiri. Kmau bisa memberi penghargaan kecil pada diri sendiri, contohnya saat kamu menjalankan proyek dan berhasil dengan baik, kamu bisa memberi reward pada diri sendiri seperti me time atau pergi ke salon, menikmati makanan dan lain sebagainya. Penghargaan – penghargaan kecil seperti itu dapat membantu kamu meningkatkan rasa percaya diri di kantor baru.
Berbagai tips menulis kunjungi A-Writing
Itu dia beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri di kantor baru. Semoga dengan menjalankan beberapa hal tersebut, rasa percaya diri kamu semakin meningkat, tapi ingat jangan sampai terlalu over ya. Karena segala sesuatu yang berlebihan tidak baik.
Tips pengembangan diri lainnya klik disini.