
Pemasaran menggunakan media digital dan internet semakin berkembang seiring perkembangan teknologi di Indonesia. Kini, banyak perusahaan yang mempekerjakan seorang digital marketer untuk meningkatkan brand awareness dan produktivitas penjualan. Kemampuan digital marketing tidak hanya diperlukan oleh perusahaan besar, namun juga pada start up ataupun menjadi enterpreneur.
Digital marketer menjadi salah satu profesi yang banyak dicari saat ini. Seorang digital marketer mungkin saja berasal dari berbagai latar belakang pendidikan. Menjadi digital marketer syarat utamanya harus menguasai skill digital marketing yang handal.
Berikut adalah hardskill yang harus dimiliki digital marketer:
Analisis Data
Digital marketer harus paham mengenai analisis data. Data analisis sangat penting untuk mengukur efektivitas strategi marketing yang dijalankan oleh digital marketer. Data analytics atau analisis data bisa dimaksimalkan dengan tools digital marketing, di antaranya adalah Google Analytics, Facebook Analytics atau Google Data Studio.
Search Engine
Strategi pemasaran digital tidak lepas dari peran mesin pencari atau search engine. Strategi yang diterapkan pada search engine meliputi Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO). SEO dan SEM digunakan untuk meningkatkan traffic sebuah website bisnis.
Pay Per Click
Salah satu strategi SEM yang banyak digunakan pada digital marketing di antaranya Pay Per Click (PPC). Digital marketer perlu memahami cara kerja PPC sebagai landasan utama untuk beriklan. PPC yaitu metode pemasaran berupa iklan di internet. Cara kerjanya yaitu iklan dibayar setiap ada yang mengklik iklan tersebut. PPC sebagai dasar untuk beriklan pada Google Ads, Facebook Ads dan sebaginya.
Pembuatan Konten
Kemampuan membuat konten yang baik cukup penting untuk menunjang kesuksesan strategi marketing. Digital marketer mungkin punya tim content creator atau content writing tersendiri, namun akan lebih baik jika digital marketer memahami seluk beluk konten yang baik dan efektif untuk menarik konsumen.
Baca Juga: Bosan Artikel Kontenmu Sepi? Kenali Tips Berikut!
Social Media Marketing
Digital marketing pada masa sekarang tidak lepas dari peran media sosial. Maka dari itu, penting bagi seorang digital marketer memahami dan terus belajar tentang perkembangan sosial media marketing. Untuk memahami social media marketing perlu melakukan riset dan evaluasi berkala.
Teknikal Marketing
Teknikal marketing meliputi HTML, CSS, Javascript dan sebagainya. Sebagai digital marketer Anda tidak perlu bisa koding yang kompleks. Akan tetapi, untuk menjadi digital marketer mempelajari hal teknis seperti koding cukup penting. Contohnya dalam penerapan SEO atau e-mail marketing.
E-mail Marketing
Penggunaan e-mail marketing sampai saat ini dinilai masih sangat efektif dalam dunia digital marketing. Ada tahapan-tahapan dalam pembuatan e-mail marketing yang perlu dipelajari oleh seorang digital marketer. Seorang digital marketer harus paham bagaimana cara membuat e-mail marketing yang efektif.
Google Analytics
Google Analytics termasuk sebuah platform yang menunjang proses analisis data. Google Analytics menjadi salah satu hard skill yang wajib dikuasai seorang digital marketer. Cara kerja Google Analytics yaitu memberikan 4 jenis laporan, berupa audiens reports, acquisition reports, behavior reports dan conversion reports.
Baca Juga: Softskill yang Harus Dimiliki Digital Marketer
Apakah Anda memiliki beberapa hardskill yang harus dimiliki seorang digital marketer? Seorang digital marketer yang handal harus selalu terbuka dengan perkembangan teknologi digital dan internet. Perkembangan digital dan internet yang begitu pesat mengharuskan seorang digital marketer bisa belajar cepat untuk memahami tools baru dalam dunia marketing.