Media sosial tak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari seseorang saat ini. Media sosial sebagai sarana mencari hiburan, informasi dan saling terhubung dengan orang lain. Instagram salah satu media sosial yang punya pengguna terbesar saat ini. Oleh karena itu, Instagram berpeluang besar untuk berbisnis.
Instagram adalah media sosial yang banyak dipilih untuk mempromosikan produk atau layanan. Bagaimana cara sukses bisnis online shop di instagram? Hal pertama tentu Anda harus memiliki akun Instagram untuk keperluan bisnis online. Selanjutnya, Anda harus bisa meningkatkan engagement Instagram Anda untuk menarik pelanggan.
Berikut adalah cara meningkatkan engagement Instagram bisnis dengan pelanggan:
Kenali Siapa Audiens Anda
Setiap produk atau layanan memiliki audiens tertentu. Anda perlu mengenali siapa target market produk atau layanan yang Anda jual. Berdasarkan siapa audiens bisnis Anda, maka Anda bisa menyusun rencana promosi yang efektif.
Maksimalkan Penggunaan Username, Foto Profile dan Bio
Maksimalkan penggunaan username, foto profile dan bio Instagram Anda berdasarkan identitas bisnis Anda. Hal ini akan membuat bisnis Anda tampak profesional dan dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen.
Gunakan Desain Feed Instagram Aesthetic
Desain feed Instagram yang aesthetic dapat menarik audiens untuk menjadi followers Anda. Tentukan tema atau desain feed Instagram yang sesuai dengan bisnis Anda.
Anda dapat membaca selengkapnya di Tips Membuat Desain Feed Instagram Menarik untuk Bisnis Anda
Gunakan Hashtag yang Tepat
Hashtag berguna dalam aktivias promosi, event, penanda produk dan sebagainya. Gunakan hashtag populer untuk meningkatkan engagement Instagram bisnis Anda. Pilih satu hashtag unik untuk memperkuat branding Anda di Instagram.
Buatlah Konten dan Caption yang Menarik
Konten dan caption adalah hal penting untuk meningkatkan engagment Instagram bisnis dengan pelanggan. Buatlah konten dan caption yang relate dengan audiens Anda.
Butuh tulisan konten? kunjungi agensipenulis.com
Optimalkan Penggunaan IG Story
Instastory atau IG Story bisa dikemas lebih interaktif untuk meningkatkan engagement Instagram dengan pelanggan. Anda bisa membuat background IG story aesthetic yang sesuai dengan identitas bisnis Anda. Story IG aesthetic lebih mudah menarik perhatian pelanggan Anda.
Ajak Followers Berdiskusi
Mengajak followers berdiskusi di kolom komentar feed Anda untuk menaikkan engagement Instagram. Anda juga bisa membuat konten polling, kuis atau pertanyaan di IG story.
Konsisten untuk Posting
Cara menaikkan engagement Instagram bisnis bisa menjadi sia-sia jika Anda tidak konsisten dalam memposting konten. Buatlah jadwal posting yang konsisten agar followers Anda tetap mengikuti perkembangan Anda di Instagram.
Buat Kontes atau Campaign
Menaikkan engagement melalui interaksi yang lebih intens bisa didapatkan dengan membuat kontes atau campaign. Rencanakan kontes dan campaign yang sesuai dengan audiens dan tujuan bisnis Anda.
Promosikan Akun Instagram Anda
Peluang Anda untuk sukses bisnis online shop di instagram akan meningkat dengan mempromosikan akun Anda. Promosi bisa menggunakan IG Ads atau jasa influencer. Mempromosikan akun Anda berpeluang memperluas target market Anda, tidak sebatas followers saja.
Baca juga Seberapa Ampuh Instagram Ads Untuk Jualan?
Sukses bisnis online shop di instagram tidak bisa didapatkan dalam sekejap mata. Anda perlu meluangkan waktu lebih untuk mengelola akun Instagram Anda. Anda juga perlu tetap konsisten untuk menaikkan engagement Instagram bisnis Anda.
Baca juga Revolusi Periklanan Melalui Digital Advertising, Efektifkah ?
Jangan terlalu pusing memikirkan cara menaikkan engagement Instagram bisnis Anda. Anda tak perlu kerepotan mengurus semuanya sendiri, hubungi A-Creative Digital Marketing Agency! A-Creative dapat membantu menciptakan konten yang keren dan desain feed Instagram yang aesthetic untuk menaikkan engagement Instagram bisnis Anda. Hubungi A-Creative sekarang juga!