Perkembangan internet yang pesat mengharuskan pemilik bisnis untuk aktif bersaing di era digital ini. Pemilihan strategi marketing yang tepat sangat dibutuhkan dalam perkembangan bisnis. Search engine marketing (SEM) kini banyak dipilih sebagai strategi marketing bisnis untuk menaikkan penjualan.
Sebelum menerapkan SEM ke dalam strategi marketing Anda, Anda harus mengenal search engine marketing terlebih dahulu. Simak penjelasan berikut ini!
Pengertian Search Engine Marketing
SEM adalah bagian dari cara pemasaran menggunakan media internet untuk meningkatkan traffic website pada halaman mesin pencari. SEM dapat menaikkan traffic website dengan cara membayar kepada mesin pencari seperti Google.
Google menjadi tujuan utama sebagian besar orang untuk mencari informasi melalui internet. Informasi yang muncul di halaman awal mesin pencari akan lebih banyak diakses orang. Dengan penerapan SEM yang tepat Anda bisa berpromosi dengan lebih efektif dan cepat. Strategi marketing ini membantu mengarahkan calon konsumen ke website Anda.
Cara Kerja Search Engine Marketing
Ketika seseorang memasukan kata kunci untuk mencari produk atau layanan di mesin pencari, maka hasil yang paling relevan akan muncul di halaman atas mesin pencari. SEM bekerja menampilkan iklan pencarian berbayar di bagian atas dan samping halaman mesin pencari.
Cara yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan layanan SEM:
- Melakukan registrasi pada penyedia layanan SEM
- Tentukan kata kunci, lokasi dan detail iklan lainnya
- Mesin pencari akan melakukan pelelangan antara para pengiklan dengan kata kunci yang sama.
- Mesin pencari akan menampilkan pemenang lelang pada halaman awal hasil mesin pencari.
- Pengiklan akan mendapat laporan dari kinerja iklan dan harus membayar berdasarkan jumlah klik yang didapatkan.
Manfaat SEM untuk Bisnis
SEM adalah strategi marketing yang sangat layak dicoba. Manfaat SEM untuk bisnis antara lain:
a) Target Tersegmentasi Lebih Spesifik
Iklan akan lebih mudah tersampaikan kepada target pasar yang tepat. Penerapan SEM memungkinkan Anda untuk mendapatkan target market yang tersegmentasi dan lebih spesifik, sehingga iklan tidak sia-sia.
b) Membantu Meningkatkan Brand Awareness
Iklan pada halaman awal Google bisa meningkatkan brand awareness dengan lebih cepat. Ketika iklan berhasil muncul di hasil mesin pencari, informasi mengenai brand dan produk akan jelas terlihat oleh calon konsumen. Cara ini memungkinkan brand akan lebih cepat dikenal masyarakat.
c) Mudah Melakukan Penyesuaian Budget
SEM membantu mempermudah penyesuaian iklan tanpa khawatir melebihi budget. Jika biaya iklan sudah mencapai batas yang ditentukan oleh Anda, maka iklan akan otomatis terhenti.
d) Hasil Lebih Cepat
SEM memberikan hasil pemasaran yang lebih jelas terlihat dalam waktu cepat. Waktu rata-rata yang diperlukan agar iklan bisa dijalankan sekitar satu hari kerja saja. Setelah iklan tayang, Anda bisa lakukan optimasi untuk memperolah hasil yang ditargetkan.
Dalam dunia serba digital sekarang, banyak metode marketing yang bisa digunakan dalam mengembangkan bisnis. Hingga muncul istilah S3 marketing untuk trik pemasaran yang viral. Menjadi viral memang tujuan untuk menaikkan nama brand, tetapi untuk hasil yang lebih pasti SEM adalah strategi yang paling tepat.
Tertarik mencoba SEM untuk mengambangkan bisnis Anda? Jangan ragu, hubungi A-Crative Digital Marketing Agency! A-Creative bisa membantu mengembangkan bisnis Anda untuk bersaing di era digital ini. Konsultasikan bersama tim terbaik kami mengenai SEM yang Anda inginkan. Yuk, hubungi A-Creative sekarang juga.
Tips Menulis Konten, Artikel SEO, Copywriting Kunjung www.a-writing.agency