fbpx

Black Hat SEO Vs White Hat SEO

Black hat SEO adalah
SEO or search engine optimization concept

SEO atau search engine optimization adalah usaha mengoptimasi website agar mendapatkan peringkat teratas di mesin hasil pencarian. Tetapi apa jadinya kalau ternyata strategi yang Anda lakukan tergolong Black Hat SEO? Black Hat SEo adalah strategi yang berbahaya. Alih – alih berada di halaman pertama, website Anda bisa dianggap spam.

Website yang berada di rangking tertinggi di mesin hasil pencarian akan mendapatkan traffik organik yang tinggi. Nah, inilah fungsi SEO yang membuat website Anda berada di peringkat pertama. Ada dua jenis SEO yang perlu Anda ketahui yaitu Black Hat SEO dan White Hat SEO. Lalu, teknik SEO mana yang lebih efektif digunakan? Sebelum menentukan teknik SEO mana yang lebih efektif. Simak dahulu pejelasan dari teknik Black Hat SEO dan White Hat SEO berikut.

Black Hat SEO

Black hat SEO adalah sebuah teknik untuk meningkatkan rangking sebuah website di search engine seperti Google dengan melakukan berbagai cara yang melanggar ketentuan dari layanan search engine tersebut. Pada intinya, black hat SEO menggunakan cara-cara yang tidak benar untuk meningkatkan rangking website seperti memanipulasi algoritma search engine meskipun konten yang disajikan tidak menarik.

Jika Anda menerapkan teknik black hat SEO di website Anda, memang awalnya Anda akan mendapatkan keuntungan, terlebih lagi Anda tidak membutuhkan waktu yang lama dalam menggunakannya. Namun, penggunaan black hat SEO ini akan berakibat buruk dalam waktu jangka panjang. Sehingga bisa saja nantinya brand atau produk Anda dipertaruhkan karena teknik optimasi yang salah ini. Selain itu, website Anda akan mendapatkan reputasi buruk dari para pelanggan.

Teknik Black Hat SEO

Berikut ini beberapa teknik black hat SEO yang paling sering digunakan oleh pemilik website.

Keyword Stuffing

Keyword stuffing adalah teknik yang menggunakan kata kunci utama yang selalu diulang berkali-kali secara berlebihan. Sehingga artikel akan terlihat tidak natural bahkan keluar dari konteks yang dijelaskan. Dan artikel Anda menjadi penuh dengan kata kunci yang tidak perlu serta menjadi tidak nyaman ketika dibaca.

Meta Keyword Stuffing

Teknik berikutnya adalah meta keyword stuffing. Teknik ini dilakukan di bagian meta description, anchor text untuk backlink, ataupun judul. Teknik yang satu ini memang mudah dilakukan, namun dapat memperburuk hasil pemeringkatan website Anda di search engine. Menggunakan kata kunci yang tidak sesuai dengan isi artikel juga termasuk ke dalam teknik ini.

Jika Anda sering menemukan isi artikel dengan judul yang tidak sesuai, itulah salah satu teknik meta keyword stuffing yang mereka gunakan.

Link Farming

Teknik berikutnya adalah link farming yaitu teknik black hat SEO yang dilakukan dengan mengumpulkan link atau tautan situs web yang tidak relevan dengan situs yang Anda miliki. Jika Anda meletakkan link yang berlebihan dalam satu website, maka Anda bisa mendapatkan kerugian. Terutama bagi pengunjung yang mengklik link yang tidak relevan tersebut, waktu mereka akan terbuang sia-sia.

Hidden Text

Teknik ini dilakukan dengan menyembunyikan teks dengan cara menyamarkan warnanya dengan menggunakan warna background halaman website kita. Teknik hidden text ini merupakan teknik optimasi yang manipulatif, jika dideteksi oleh algoritma search engine yang canggih, bisa jadi rangking website Anda akan menurun.

White Hat SEO

Yap, teknik ini kebalikan dari teknik black hat SEO. White hat SEO adalah teknik optimasi website di search engine yang bersih alias tidak melanggar ketentuan dari search engine tersebut. Dengan menggunakan teknik white hat SEO ini berarti Anda menjaga integritas website dan brand yang Anda miliki. Walaupun memerlukan waktu dan proses yang panjang, teknik white hat SEO ini dijamin bisa mempertahankan rangking website Anda di halaman pertama teratas search engine.

Teknik White Hat SEO

Berikut ini beberapa teknik optimasi website yang termasuk white hat SEO.

Konten yang Relevan dengan Keyword

Konten Anda berkualitas dan relevan dengan kata kunci utama termasuk teknik white hat SEO. Maka dari itu, gunakan keyword utama dan keyword turunannya sebelum membuat konten, dan masukkan juga keyword tersebut ke dalam judul, heading, meta description, dan pembuka artikel Anda. Dengan konten yang berkualitas dan keyword yang relevan bisa membawa website Anda ke rangking paling atas.

Baca Juga: Tips dan Trik Riset Keyword Agar Artikelmu SEO Friendly

Inbound Link Organik

Inbound link atau yang biasa disebut backlink juga dapat mempengaruhi rangking website Anda. Teknik ini termasuk teknik white hat SEO yang organik. Mendapatkan inbound link secara organik memang memerlukan waktu yang lama, akan tetapi hasil yang akan didapatkan sangat memperngaruhi website Anda.

Navigasi Website yang Sederhana

Bukan hanya konten dan kata kunci saja yang diperhatikan, tapi Anda juga harus memperhatikan fitur yang ada di website Anda. Sehingga pengunjung tetap betah menjelajahi website Anda. Maka dari itu, buatlah fitur atau navigasi yang sederhana dan mudah ditemukan agar pengunjung menganggap website Anda lebih efektif.

Waktu loading website yang Cepat

Perhatikan juga kecepatan loading website Anda, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kepuasan pengunjung Anda. Dan akhirnya akan mempengaruhi rangking website Anda juga. Maka dari itu, salah satu langkah yang bisa Anda ambil untuk mempercepat waktu laoding website adalah dengan memperkecil ukuran gambar, jumlah gambar lebih sedikit, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan SEO On-page dan SEO Off-page

Lebih Efektif Mana?

Lalu, berdasarkan penjelasan di atas, menurut Anda mana yang lebih efektif untuk digunakan?

Jika Anda menginginkan website Anda terus berjalan dalam waktu yang panjang, gunakan saja teknik White Hat SEO. Meskipun butuh usaha dan waktu yang lama, teknik ini adalah teknik yang aman digunakan untuk jangka panjang dan tentunya tidak melanggar syarat dan ketentuan search engine.

Tapi jika Anda ingin mengambil jalan pintas, mungkin Anda bisa memilih SEO Black Hat. Namun, Anda harus siap dengan risiko yang akan terjadi dengan website.

Jika Anda merasa kesulitasn dalam mengoptimalisasi SEO menggunakan teknik SEO White Hat, maka Anda bisa menggunakan layanan dari A-Creative. Silakan kunjungi a-writing.agency dan a-creative.id untuk mendapatkan pelayanan lainnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.