fbpx

Bikin Puzzle Feed Instagram Canva Step by Step

puzzle feed Instagram Canva

Ketika mencari informasi tentang sebuah bisnis, salah satu yang sering dilakukan calon pelanggan adalah mencarinya di Instagram. Jadi, menyuguhkan sesuatu yang menarik perhatiaan mereka termasuk puzzle feed adalah sebuah kewajiban. Untuk itu, di sini kita akan belajar membuat puzzle feed Instagram Canva step by step.

Canva adalah opsi yang mudah digunakan dan gratis dalam pembuatan desain grafis. Meski gratis, Canva bisa menghasilkan puzzle feed yang keren untuk mengatur tema Instagram Anda. Aplikasi ini memiliki banyak elemen, template dan fitur lain untuk memudahkan Anda menambahkan bentuk, tekstur, dan teks ke gambar.

Dengan menggunakan Canva, Anda juga dapat mengimpor gambar, menyesuaikan level, menambahkan filter, dan menerapkan efek unik untuk memberikan tampilan estetik pada setiap konten di feed IG  Anda.

Anda bisa menggunakan Canva versi web atau versi mobile dengan mengunduh aplikasinya di Google Play Store. Di bawah ini adalah contoh membuat puzzle feed Instagram Canva menggunakan aplikasi ponsel.

Buat Kanvas Baru

Klik tanda + di pojok kanan bawa lalu pilih ukuran khusus. Ukuran satu foto pada feed Instagram adalah 1080 piksel. Jika Anda ingin membuat puzzel horisontal menggunakan tiga foto, maka Anda harus memasukan dimensi 3240 x 1080. Namun, jika Anda menginginkan puzzle sembilan kotak maka dimensinya adalah 3240 x 3240, dan seterusnya.

Buat Konten

Membuat konten adalah langkah yang paling penting dalam membuat puzzle feed Instagram Canva. Pada tahapan ini, Anda bisa memilih template, memasukan foto produk,  menambahkan tulisan serta elemen lain pada kanvas yang telah Anda buat.

Buat Grid

puzzle feed Instagram Canva

Setelah selesai membuat konten, selanjutnya pilih opsi elemen kemudian ketik “grid” di kolom pencarian. Pilihlah grid yang sesuai dengan ukuran kanvas yang Anda buat. Untuk kanvas berukuran 3240 x 3240 Anda tentu harus memilih grid 3×3.

Grid ini berfungsi untuk melihat preview tampilan feed Instagram Anda. Jika kurang estetik, tambahkan elemen seperti panah, lingkaran, atau bentuk lain. Elemen tersebut berfungsi untuk menciptakan kesan terhubung antara satu foto dengan yang lainnya.  

Gunakan kreativitas Anda sehingga komposisi foto terlihat lebih menarik. Lakukan semua penyesuaian sehingga konten Anda terlhat estetis. Setelah pengeditan selesai, hapus elemen grid yang sebelumnya Anda tambahkan, lalu unduh gambar dengan mengklik ikon di pojok kanan atas.

Potong Gambar

puzzle feed Instagram Canva

Anda terlebih dulu harus memotong gambar sebelum di upload ke Instagram. Caranya adalah  menggunakan situs pemotong gambar seperti Pine Tool, Postcron, dan lainnya. Namun untuk membudahkan Anda agar tak salah urutan dalam mengupload, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi seperti Grid Post, Easil, Preview App, Puzzle Star, dan lainnya.

Jika menggunakan Grid Post, Anda tinggal klik Create Grid lalu Photo Grid kemudian pilih hasil desain Anda dari Canva. Selanjutnya pilih grid yang sesuai dan klik tombol centang di kanan atas. Grid Post akan memproses pemotongan gambar lalu memberikan tampilan sesuai feed Instagram Anda. Terakhir, upload sesuai urutan nomor yang telah tersedia.

Baca juga : Aplikasi Puzzle Feed Instagram Gratis

Nah, itulah cara membuat puzzle feed Instagram Canva. Anda bisa mengaplikasikan cara tersebut untuk meningkatkan potensi penjualan dari Instagram. Untuk pemasaran digital dengan hasil maksimal, jangan ragu untuk menghubungi A-Creative. Ikuti @acreative.id di Instagram dan dapatkan lebih banyak tips dan trik lainnya.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.