fbpx

Berpikir Kritis di Dunia Kerja Digital

Berpikir kritis di dunia kerja
Thoughts

Berpikir kritis adalah suatu proses untuk berpikir yang dapat membangun (konstuktif) agar mendapatkan sebuah solusi. Terkadang masih banyak orang yang tidak dapat membedakan antara orang berpikir kritis dengan argumentatif.

Oranya yang argumentatif adalah orang yang mungkin saja suka berdebat hanya demi memenangkan argumennya atau pendapatnya saja. Berbeda dengan orang yang berpikir kritis di mana Anda akan membuat penilaian yang masuk akal dan logis yang sudah dipikirkan secara matang. Orang yang berpikir kritis akan mempertanyakan validitas dari argumen dan kesimpulan yang diberikan.

Berpikir kritis bukan hanya dibutuhkan di kehidupan sehari-hari saja, namun juga dibutuhkan di dunia kerja. Saat ini mempunyai pemikiran kritis sangatlah penting di tempat kerja. Karena Anda bisa mendapatkan banyak dampak positif agar lebih unggul dan mudah mengembangkan karir.

Baca Juga: Jurus Jitu Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis

Jika Anda seorang pekerja atau karyawan Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dan manfaat dari cara berpikir kritis Anda untuk kemajuan karir pribadi dan perkembangan perusahaan tentunya. Lantas kenapa sih berpikir kritis dibutuhkan di dunia kerja? Berikut ini beberapa alasan kenapa Anda harus berpikir kritis di dunia kerja.

Berpikir Kritis Mampu Memperkuat Kerja Tim

Berpikir kritis di dunia kerja bukan hanya dibutuhkan di bagian atas atau top management saja. Bayangkan saja jika sebuah perusahaan dengan ribuan karyawannya dipimpin oleh atasan yang sangat berpikir kritis tanpa didukung dengan karyawan yang memiliki cara berpikir yang sama.

Tentunya tidak akan ada hasil yang maksimal yang akan dicapai oleh perusahaan. Untuk itu Anda sebagai karyawan juga perlu memiliki pola berpikir kritis agar dapat menguntungkan dan memperkuat kinerja tim. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu agar Anda memiliki alasan yang kuat ketika menyampaikan pemikiran tersebut.

Menghasilkan Produk yang Berkualitas

Orang-orang yang mempunyai pola pikir kritis pasti akan memeriksa dan memastikan kembali hasil akhir sebuah produk sebelum diluncurkan ke publik, baik itu barang siap pakai, laporan, kebijakan, ataupun bangunan yang hampir jadi.

Begitulah ketika di kantor, laporanAnda harus diteliti terlebih dahulu sebelum akhirnya diserahkan ke pimpinan, dan biasanya hanya orang-orang yang berpikir kritis saja yang akan kembali memeriksa hasil pekerjaannya. Tidak sesulit yang dibayangkan, Anda hanya perlu membiasakan diri untuk mau double check setiap hasil pekerjaan.

Menjadi Lebih Produktif

Jika Anda terbiasa berpikir kritis, maka akan ada banyak hal yang sapat Anda eksplor lagi seperti kesempatan dan momen yang dapat Anda jadikan sebuah keuntungan. Contohnya saja bisnis Startup yang sedang hype di Indonesia. Hal tersebut adalah hasil dari pola pikir generasi muda yang mau menciptakan lapangan kerja sendiri dan ditambah dengan ide serta inovasi terbaru. Nah, jika Anda mau berpikir kritis, mungkin selanjutnya Anda yang akan mendapatkan keuntungan dan membuka banyak pekerjaan buat anak mudah yang ingin berkarya.

Mudah dalam Menyelesaikan Masalah dan Konflik

Cara berpikir kritis diperlukan di dunia kerja untuk menghadapi dan menyelesaikan konflik, baik internal maupun eksternal. Jika Anda tidak dapat membangun komunikasi dengan rekan kerja, maka akan sulit untuk Anda menyelesaikan sebuah konflik.

Nah, lewat cara berpikir kritis inilah Anda akan menyampaikan titik masalah yang ditemukan dan cara penyelesaiannya. Syarat utama agar dapat berpikir kritis di tengah konflik kerja adalah dengan mengesampingkan ego, sehingga Anda bisa berpikir jernih dalam mengambil sebuah keputusan. Imbangi berpikir kritis Anda dengan kebijaksanaan dalam diri Anda agar dapat memecahkan masalah tersebut.

Berpikir Kritis Menciptakan Peluang untuk Promosi

Berpikir kritis bisa dapat promosi? Yap, bisa saja. Karena semakin Anda berpikir kritis, maka akan semakin banyak pula solusi yang dapat Anda tawarkan untuk satu masalah. Perusahaan akan melihat konsisten Anda dalam memberi solusi dan meningkatkan inovasi. Jadi, Anda bisa saja mendapatkan promosi dari bos di kantor.

Baca Juga: Pentingnya Skill Critical Thinking dalam Pekerjaan

Itulah beberapa alasan kenapa harus berpikir kritis di dunia kerja. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan baik untuk diri sendiri ataupun pekerjaan. Bagaimana? Apakah selama ini sudah menerapkan pola pikir kritis di tempat kerja?

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.