fbpx

Berapa Jumlah Kata Artikel SEO yang Efektif?

Jumlah kata artikel SEO

Membuat sebuah artikel SEO adalah sesuatu yang menantang. Selain harus mampu memberikan value pada pembaca, ada banyak faktor yang harus diperhatikan untuk meraih peringkat tertinggi pada SERP. Salah satu yang tak bisa diabaikan adalah jumlah kata artikel SEO.

Meskipun tak termasuk dalam faktor utama, namun jumlah kata secara langsung dapat mendorong peningkatan faktor-faktor utama lainnya. Misal, dengan jumlah kata yang tepat, akan mudah mendapatkan kerapatan kata kunci atau keyword density yang tepat pula. Pun begitu dengan penempatan backlink secara natural atau faktor lain seperti pengalaman pengguna.

Jumlah kata artikel SEO

Faktor yang Berpengaruh Pada Jumlah Kata Artikel SEO

Sebenarnya, jumlah kata artikel SEO harus disesuaikan dengan beberapa faktor berbeda. Ada hal-hal tertentu yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan berapa kata yang tepat untuk membuat konten pada website. Berikut adalah beberapa faktor penting yang harus diperhatikan saat menulis.

Minimal 300 Kata

Jumlah minimal artikel SEO adalah 300 kata. Ini adalah angka minimal agar dapat memberikan informasi yang cukup pada pembaca. Beberapa plugin SEO di WordPress termasuk YOAST dan AIOSEO juga merekomendasikan angka tersebut.

Pada dasarnya sebuah artikel dibuat untuk memberikan nilai kepada pembaca. Beberapa penelitian mengungkap bahwa artikel yang lebih pendek dari 300 kata biasanya tidak cukup untuk menjawab pertanyaan pembaca.

Maksimal 2000 Kata

Jumlah kata artikel SEO yang efektif Sebaiknya tidak lebih dari 2.000 kata. Ini dimaksudkan agar pembahasan tetap relevan dan tidak keluar dari topik utama. Pertimbangan lain, artikel yang terlalu panjang dan bertele-tele akan mengakibatkan audiens menjadi jenuh.

Sesuai Jenis Konten

Jenis konten berpengaruh pada jumlah kata yang akan Anda tulis. Artikel tutorial atau artikel indepth misalnya, membutuhkan lebih banyak substansi karena kompleksitas pembahasan. Sebaliknya, jika Anda menulis sebuah artikel yang tidak terlalu rumit, 500 kata mungkin adalah angka yang tepat.

Semuanya bermuara pada dua hal pokok yakni, menjawab pertanyaan pembaca sebaik mungkin dan memberikan sesuatu yang berharga pada pembaca.

Pertimbangkan Kompetitor

Melihat hasil SERP dari kata kunci yang Anda targetkan, dapat membantu Anda memutuskan berapa panjang artikel yang seharusnya Anda buat. Ketimbang fokus pada jumlah kata, Anda bisa melihat apa saja yang mereka tawarkan pada pembaca. Menjadi lebih baik bukan berarti menyajikan artikel lebih panjang, namun memberikan nilai lebih pada pembaca.

Berapa Jumlah Kata Artikel SEO yang Efektif ?

Jawaban sederhana tentang berapa jumlah kata yang ideal untuk artikel SEO adalah tergantung dari banyak faktor. Ada banyak faktor yang lebih penting untuk dipertimbangkan saat menulis SEO daripada jumlah kata. Namun 300 hingga 1.500 kata merupakan angka yang ideal untuk dapat memberikan informasi yang berkualitas.

Sebagai contoh, jika Anda dapat menyampaikan informasi dalam 1000 kata, Anda tak perlu bertele-tele atau mengaitkan dengan topik yang tidak relevan guna memenuhi target jumlah kata. Pada akhirnya, ini semua tentang nilai yang Anda berikan, dan mengisi artikel dengan sebuah hal-hal yang tidak relevan akan menurunkan pengalaman penggguna.

Baca juga: Rahasia Halaman Pertama Google, Buat Trafik Meningkat!

Pada akhirnya jumlah kata artikel SEO yang Anda tulis harus mempu mendorong peningkatan faktor-faktor penunjang SEO lainnya. A-Creative menyediakan layanan SEO berkualitas termasuk pembuatan artikel SEO serta penerapan strategi SEO dalam mengelola website. Kunjungi https://a-creative.id/ atau ikuti @acreative.id di Instagram untuk informasi lebih lanjut.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.