fbpx

Belajar SEO dari Google Ads, Bagaimana caranya?

belajar-seo-google-ads
belajar seo

SEO dan Google Ads cukup sering hadir dalam pembahasan strategi digital marketing. SEO singkatan dari Search Engine Optimization. Sedangkan, AdWords atau Google Ads adalah iklan online dengan Google sebagai media iklannya. Apakah keduanya berhubungan? Bisakah belajar SEO melalui Google Ads?

SEO bertujuan melakukan optimasi website agar rangking website meningkat secara organik sehingga bisa muncul di mesin pencari. Sedangkan, Google Ads adalah iklan berbayar yang bertujuan mempromosikan website atau bisnis Anda secara online saat orang menelusuri keyword tertentu di Google. Namun, tahukah Google Ads dapat membantu mengoptimalkan strategi SEO? Berikut penjelasan trik belajar SEO melalui Google Ads.

Belajar SEO Melalui Riset Kata Kunci

Anda perlu meluangkan waktu untuk menganalisis data Google Ads untuk riset kata kunci agar lebih baik. Cara belajar SEO melalui data dari Google Ads yaitu dengan menganalisis data dari campaign Anda. Temukan kata kunci yang paling optimal untuk mendorong konversi.

Google Ads memberikan data kata kunci atau frasa yang relevan dengan bisnis Anda. Caranya, Anda dapat membuka menu “keywords” di akun Google Ads Anda, lalu klik “search terms”. Anda pun lebih mudah mengetahui kata kunci atau frasa yang paling optimal untuk mendatangkan pengunjung dan menghasilkan konversi.

Saat belajar SEO, Anda perlu paham bahwa kata kunci dengan volume pencarian saja tidak cukup optimal. Namun, Anda perlu menyesuaikan kata kunci dengan pelanggan Anda. Kata kunci yang relevan dengan kebutuhan pelanggan dapat membuat konten SEO Anda lebih baik performanya. Misalnya, kata kunci “makan” mungkin punya volume sangat tinggi, tapi tidak cukup sebagai fokus utama. Maka, Anda perlu kata kunci yang lebih spesifik dan relevan.

Selain itu, pada bagian “keywords” ada “negative keywords”. Kata kunci negatif ini adalah yang Anda hindari dan pilih untuk tidak menampilkannya. Jika Anda mengelola AdWords dengan baik, maka Anda tentu punya daftar kata kunci negatif dari waktu ke waktu. Namun, Anda juga bisa menganalisis dari daftar kata kunci negatif tersebut adakah yang memiliki peluang?

Ketika Anda belajar SEO, negatif keyword tidak selalu buruk. Beberapa kata kunci negatif bisa jadi cukup populer dan juga dapat Anda terapkan dalam konten. Anda dapat memikirkan cara mengubah kata kunci negatif yang populer bukan sebagai hal yang Anda hindari tapi mengubahnya menjadi konten yang berguna. Tentu dengan tidak memaksakan isi konten, konten tetap harus bermanfaat bagi pelanggan. Dan, jangan lupakan marketing di dalam konten tersebut secara halus.

Riset Pelanggan

Anda dapat mempelajari lebih lanjut mengenai target pelanggan Anda melalui data Google Ads. Melalui retargeting dan remarketing Anda dapat akan mendapatkan informasi orang-orang yang sebelumnya pernah berkunjung atau berinteraksi dengan website Anda. Secara umum, para pengunjung tersebut telah tahu sedikit banyak tentang brand Anda tapi tidak membeli.

Ketika Anda belajar SEO, Anda akan paham bahwa riset pelanggan adalah bagian dari strategi pemasaran. Anda akan kesulitan dalam menerapkan teknik SEO jika tidak mengenal siapa target pelanggan Anda. Data dari Google Ads dapat Anda gunakan untuk menganalisis siapa pelanggan Anda. Anda bisa mengetahuinya melalui “audience insights”. Di antaranya ada data demographics, location dan devices.

Selanjutnya Anda lebih mudah menganalisis minat dan kategori pelanggan Anda. Analisis apa yang membuat mereka membeli suatu produk. Dari data tersebut Anda telah satu langkah di depan melakukan riset pasar. Gunakan data tersebut untuk membuat konten SEO sesuai kebutuhan pelanggan Anda.

Menemukan Ide Konten dari Kombinasi Kata

Google Ads memiliki empat keyword match type yang dapat Anda gunakan untuk menemukan ide konten SEO yang lebih beragam dan relevan. Keyword match type tersebut adalah broad match, modified broad match, phrase match dan exact match. Namun, menurut informasi dari situs support.google.com, modified broad match tidak lagi digunakan sejak Juli 2021. Google menganggap phrase match dan modified broad match punya fungsi yang mirip.  

Jika Anda mengunakan broad match, maka hasil pencarian dari kata tersebut akan sangat luas sedangkan relevansinya cenderung rendah. Contohnya jika Anda menggunakan kata kunci broad match toko kue maka semua yang berhubungan termasuk persamaan kata bisa muncul termasuk typo. Seperti, tukang kue, penjual kue dan sebagainya. Bagaimana jika menggunakan keyword match type lain?

Contohnya jika Anda menggunakan phrase match, Anda perlu menambahkan tanda kutip pada awal dan akhir keywords. Maka hasilnya adalah kombinasi kata kunci dengan urutan yang sama dengan kata di dalam kutip. Relevansinya lebih tinggi. Contoh, “toko kue” maka hasil yang muncul adalah “toko kue enak”, “toko kue di Bandung”, “di mana toko kue terdekat” dan sebagainya.

Dengan exact match Anda perlu menggunakan tanda kurung siku di awal dan akhir keywords. Pencocokan kata kunci ini hanya akan menampilkan frasa kata kunci yang benar-benar sama dengan yang Anda tentukan. Contoh, [toko kue] maka yang muncul hanya keywords tersebut tanpa tambahan atau modifikasi kata.  

Dari kombinasi kata yang tepat ini, Anda bisa menemukan ide konten yang lebih luas dan relevan. Anda bisa menggunakan broad match dan phrase match untuk menemukan ide yang menarik. Anda pun bisa menganalisis bagaimana cara pengguna internet mengombinasikan kata dalam pencarian mereka. Dengan demikian, Anda bisa menyajikan konten SEO yang sedang pengguna internet cari.

Belajar SEO Dengan Menguji Judul Konten dan Meta Deskripsi

Saat belajar SEO on-page Anda akan paham pentingnya judul konten dan meta deskrispi dalam hasil pencarian. Nah, Anda pun dapat menguji judul konten atau meta deskripsi menggunakan AdWords. Masuklah ke Google Search Console dan temukan title tags yang mempunyai kemungkinan klik tinggi dan rendah. Coba jalankan campaign AdWords dengan melakukan pengujian judul dan meta deskripsi konten Anda.

Caranya dengan menguji judul konten pada bagian AdWords Ad Headline. Judul konten berpengaruh pada performa konten SEO Anda. Kemudian pada bagian AdWord Ad Descriptions Anda dapat menguji meta deskripsi konten Anda. Meta deskripsi juga berperan dalam menarik minat pengunjung untuk memutuskan mengkilk atau tidak konten Anda.

Membuat Kalimat Call To Action yang Tepat

Ad Extensions adalah cuplikan iklan yang muncul pada bagian bawah. Tujuan dari Ad Extensions adalah mendorong pengguna internet yang melihat iklan tersebut untuk mengkliknya. Tujuan ini tidak jauh berbeda dengan call to action pada konten SEO.  Pada bagian ini AdWords membantu Anda mengetahui kalimat CTA (Call To Action) yang tepat untuk konten SEO Anda.

Beberapa jenis ad extensions pada Google Ads yaitu sitelink, lokasi, call, aplikasi dan review. Anda dapat menyesuaikan jenis ad extensions dengan tujuan dari CTA dalam konten SEO Anda. Contohnya, jika tujuannya untuk mengarahkan audiens ke salah satu halaman website Anda, Anda bisa menggunakan ad extensions sitelink. Buat kalimat yang padat dan jelas untuk mengarahkan pelanggan ke link yang Anda tentukan. Menentukan kalimat CTA yang tepat akan meningkatkan konversi. Hal ini tentu berpengaruh pada performa website dan perkembangan bisnis Anda.

Baca juga : SEO Google Organik atau SEM dengan Iklan?

Banyak hal yang dapat Anda eksplore dari data AdWords untuk meningkatkan teknik SEO Anda. Belajar SEO menjadi tantangan tersendiri yang tidak akan habis karena dunia digital akan terus berkembang setiap waktu. Apakah Anda tertarik mengembangkan bisnis dengan teknik SEO?

Sekarang, Anda tidak perlu pusing memikirkan masalah pemasaran digital. A-Creative dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis di dunia digital. A-Creative adalah digital marketing agency yang mempunyai tim pakar SEO dan digital marketer andal. Anda dapat mempercayakan strategi digital marketing kepada A-Creative dan Anda bisa lebih bersantai mengurus bisnis Anda. Silakan hubungi kami melalui formulir berikut atau kunjungi Instagram kami @acreative.id untuk bertanya atau berdiskusi.

[fluentform id=”2″]

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.