fbpx

Apa Itu Keyword Difficulty Pada Artikel SEO?

apa itu Keyword Difficulty

Keyword Difficulty adalah istilah yang mungkin sedikit asing bagi orang awam. Tapi, untuk kamu yang ingin berkecimpung di dunia digital marketing, harus sekali memahami tentang keyword difficulty ini.

keyword difficulty

Jika kamu melakukan pencarian di mesin pencari, maka kamu akan disuguhkan beberapa artikel teratas yang berkaitan dengan kata kunci pencarianmu bukan? tentunya itu berkaitan dengan keyword difficulty yang merupakan metrik SEO yang dapat mengukur tingkat atau level kesulitan kata kunci yang akan muncul di halaman utama pencarian.

Kebanyakan dari alat pengukur keyword mempunyai tingkat keyword difficulty dengan skala 0-100. Meski memiliki skala yang sama, masing-masing menghitungnya secara berbeda. Itulah kita perlu memahami alat SEO yang kita pilih dengan memperhatikan bagaimana perhitungannya.

Faktor yang digunakan untuk menghitung keyword difficulty sebagai berikut:

  • Peringkat domain
  • Tautan internal
  • Panjang konten
  • Relevansi
  • Dan sebagainya

keyword difficulty

https://pixabay.com/photos/digital-marketing-seo-google-1725340/

Tidak ada yang tau persis bagaimana algoritma Google dalam memberi peringkat pada halamannya. Akan tetapi, kita dapat mengupayakan level itu dengan penggunaan SEO yang bagus sebagai berikut:

1.     Cari Tahu Berapa Banyak Backlink yang Diperlukan

Backlink bisa dikatakan sebuah elemen penting dalam menaikan rangking artikel kita dalam sebuah mesin pencari. Semakin tinggi keyword difficulty maka semakin banyak backlink yang dibutuhkan. Untuk patokan umumnya jika kita ingin mendapat peringkat pada 10 hasil pencarian teratas pada mesin pencari, maka kita harus mendapatkan backlink setidaknya sebanyak yang dimiliki oleh 10 teratas tersebut, akan lebih baik jika di atas mereka.

2.     Tinjau “Authority” Pesaing Anda

Sebagai indikator yang yang merfungsi untuk memudahkan pengguna untuk meninjau peforma situs, berikut dua cara agar authority secara tidak langsung berkontribusi untuk meningkatkan peringkat pencarian pada situs Anda.

a.     Tautan Internal

Dengan tautan internal, Anda dapat menjadikan halaman authority tinggi juga bahkan tanpa perlu ada baclink dari situs lain.

b.     Merek yang Sudah Dikenal 

Google atau menis pencari memiliki kebiasaan mengenali perilaku penggunanya yang dapat mengukur kepuasan pengguna dalam mengunjungi situs tertentu. Ini dapat berpengaruh pada rangking situs tersebut. Di lain sisi, pengguna lebih cenderung mengunjungi ulang situs yang sudah dikenali. Hal tersebut membuat Google terus menyuguhkan situs sehingga berpengaruh juga terhadap rangkaing pencarian.

3.     Selidiki Maksud Pencarian

Sebagai mesin pencari, Google memiliki tujuan untuk memenuhi harapan penggunanya pada saat mereka melakukan pencarian. Tujuan tersebut adalah maksud pencarian. Kebanyakan pemasar mengelompokkan penelusuran dalam 4 kategori: informasional, navigasi, transaksional, dan komersial.

Alih-alih menemukannya sendiri, Anda dapat mengecek apa yang diharapkan oleh pencari atau yang kita sebut sebagai maksud pencarian, akan lebih memudahkan jika Anda menyelidikinya lewat backlink pada halaman dengan peringkat teratas.

4.     Ukur Kualitas Konten 

Sangat penting bagi Anda untuk menjaga kualitas konten dari situs yang Anda miliki. Jangan terkecoh dengan kabar burung yang mengatakan bahwa konten dari halaman Anda akan lebih baik jika memiliki jumlah kata yang banyak. Paragraf yang panjang tidak menjamin konten anda menjadi lebih baik.

Konten yang baik adalah yang menyajikan informasi yang relevan dan memenuhi harapan pencari. Akan tetapi, relevan dan memenuhi harapan pencari juga tidak cukup kuat untuk meningkatkan rangking pencarian situs yang Anda miliki.

Berikut elemen yang perlu Anda penuhi untuk meningkatkan kualitas konten Anda:

  1. Memberikan informasi yang akurat dan terkini
  2. Ditulis oleh yang terpercaya
  3. Memiliki informasi yang unik atau setidaknya berbeda dari situs yang lain
  4. Ditulis dengan baik
  5. Menggunakan format penulisan yang benar

Semakin padat konten yang Anda sajikan, maka akan semakin memberi kesan baik bagi pencari dan dapat membuat pencari puas dan ketagihan untuk mengunjungi situs Anda. Ini juga memengaruhi Google  untuk dapat terus menyasarankan situs Anda pada pengguna lainnya dan menaikkan rangking pencarian pada situs Anda.

Baca juga : Ingin Optimasi SEO Sukses? Hindari Hal Ini!

Dengan demikian, kita mengetahui bahwa dengan memanfaatkan fungsi dari keyword difficulty maka Anda dapat mengopimalkan SEO situs Anda sehingga menaikkan rangking pencarian pada Google. Semoga informasi ini berguna dalam perkembangan situs Anda dan temukan informasi menarik serta bermanfaat lainnya dari situs A-Creative.

 

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.