fbpx

Apa Itu Closing dalam Bisnis dan Tips Suksesnya

Apa Itu Closing dalam Bisnis

Salah satu tahapan penting dalam menjual sebuah produk atau jasa adalah closing. Pada tahapan inilah Anda dituntut untuk  memastikan lead atau prospek melakukan sebuah action. Untuk mengetahui lebih jauh apa itu closing dalam bisnis dan apa saja kiat untuk melakukannya dengan baik, simak penjelasannya berikut!

Apa Itu Closing dalam Bisnis

Apa Itu Closing dalam Bisnis?

Closing adalah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti “menutup”. Apa itu closing dalam bisnis  dapat diartikan sebagai tahap terakhir dari proses penjualan dimana calon pelanggan sepakat untuk melakukan tindakan tertentu. Kesepakatan terbaik adalah ketika kedua belah pihak yang mencapai kesepakatan merasa puas.

Ini bisa berarti bahwa masing-masing pihak harus berkompromi agar kesepakatan itu saling menguntungkan. Jadi, Anda harus mengenali calon konsumen, mengenali waktu yang tepat untuk melakukan penawaran, dan menggunakan teknik terbaik lainya untuk melakukan closing.

Tips Closing Penjualan

Dalam penjualan, closing membutuhkan rencana yang jelas dan harus dijalankan dengan baik. Dalam banyak kasus, ada tiga komponen penting untuk closing kesepakatan, yaitu :

Mengidentifikasi dan Memecahkan Masalah

Hal pertama yang harus diingat dalam Apa itu closing dalam bisnis  adalah Anda harus mampu mengidentifikasi masalah dan memecahkannya. Artinya, sebelum sesuatu, Anda harus dapat mengidentifikasi masalah, kemudian memberikan solusi dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Jangan Berlebihan

Calon pelanggan akan lebih menghormati Anda jika mereka mendapatkan kejujuran daripada sekadar omong kosong. Dalam menawarkan sebuah produk, jelaskan apa yang dapat diberikan oleh bisnis Anda. Hindari untuk memberikan janji berlebihan karena pada akhirnya akan mengecewakan calon pelanggan.

Anda juga harus memberi calon pelanggan gambaran yang jelas tentang cara kerja bisnis Anda, yang membuka ruang untuk potensi repeat order di masa depan. Tunjukan pula bahwa Anda peduli dengan calon pelanggan dan ingin mendapatkan kepercayaan mereka.

Menangani Keberatan

Saat menyiapkan penawaran, Anda juga harus memikirkan bagaimana Anda akan menangani kemungkinan keberatan dari calon pelanggan. Mungkin mereka akan keberatan soal harga, ketersediaan, pengiriman, atau fitur produk.

Jika calon pelanggan mengajukan keberatan, dengarkan baik-baik dan jangan sekalipun menyela. Kemudian Anda dapat dengan tenang menawarkan berbagai solusi yang telah Anda siapkan  atau memodifikasi penawaran untuk memuaskan mereka.

Maksimalkan Call To Action

Setelah mampu mengatasi keberatan dan menegosiasikan masalah yang ada, maka kini saatnya bagi Anda meminta mereka untuk mengambil tindakan. Ini adalah bagian terpenting dari apa itu closing dalam bisnis.

Dalam melakukannya, Anda harus membuat calon pelanggan merasa nyaman untuk mengatakan “ya” pada kesepakatan tersebut. Dalam banyak situasi, menciptakan rasa urgensi dengan menetapkan tenggat waktu bagi mereka untuk merespons adalah satu teknik closing yang bisa Anda gunakan.

Baca juga : Contoh Call To Action Dan Tips Copywritingnya!

Follow Up  Setelah Closing

Anda mungkin akan larut dalam euforia dan bersantai setelah berhasil menutup kesepakatan. Namun, itu adalah kesalahan yang banyak dilakukan. Anda perlu melakukan follow up untuk memastikan produk atau layanan dikirimkan tepat waktu, mengatasi masalah yang mungkin timbul, dan memastikan pelanggan baru merasa puas dan nyaman.

Ingatlah bahwa kesepakatan ini mungkin hanya awal dari ribuan kesepakatan potensial lain dari pelanggan yang sama. Jadi, melakukan follow up untuk mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan adalah satu hal yang tak bisa dianggap remeh.

Pada akhirnya, hal terpenting dalam apa itu closing dalam bisnis adalah memberikan solusi nyata bagi prospek atau calon pelanggan. Jika Anda masih merasa kesulitan dalam tahapan ini atau tahapan lain dalam dunia digital marketing, Anda selalu bisa mengkonsultasikannya dengan A-Creative. Ikuti @acreative.id untuk mendapatkan penawaran menarik.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.