fbpx

Apa Itu Campaign Marketing? Cek Juga Contohnya!

Apa itu campaign marketing

Visibiltas sangat penting untuk kesuksesan sebuah bisnis. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kesuksesan tidak hanya bergantung pada kualitas, tapi juga kemampuan untuk menjangkau target audiens. Untuk itu, mengetahui apa itu campaign marketing adalah hal mendasar yang harus Anda ketahui sebelum mulai mencoba menjangkau audiens.

Apa itu campaign marketing

Apa Itu Campaign Marketing?

Campaign marketing adalah serangkaian usaha yang dilakukan dengan strategi tertentu yang digunakan untuk mencapai sebuah target marketing. Target tersebut misalnya meningkatkan brand awareness atau penjualan produk.

Yang perlu dipahami tentang apa itu campaign marketing adalah bahwa campaign marketing hanya mencakup usaha yang dirancang untuk hasil tertentu. Ini berbeda dengan strategi marketing yang mencakup semua usaha pemasaran.

Misalnya, di jalan Anda melihat papan reklame Nike dengan salah satu produk terbarunya. Kemudian di Instagram Anda juga melihat iklan dengan produk yang sama, bahkan mungkin Nah, itulah campaign marketing yang dirancang Nike untuk mempromosikan salah satu produk mereka.

Oleh karena itu, beberapa sasaran spesifik dari campaign marketing antara lain :

  • Mengurangi publisitas negatif
  • Membangun citra merek
  • Memperkenalkan produk baru
  • Meningkatkan penjualan
  • Memperbaiki produk atau layanan yang ada

Merencanakan campaign dengan baik membantu sebuah bisnis meningkatkan kinerja dan mengontrol usaha pemasaran dengan lebih baik pula.

Contoh Campaign Marketing

Ada banyak jenis campaign marketing yang bergantung pada target, produk atau jasa, audiens, serta merek. Berikut adalah beberapa jenis campaign marketing yang paling umum digunakan beserta contohnya :

Product Marketing Campaign

Campaign jenis ini digunakan oleh bisnis untuk memperkenalkan produk atau fitur produk ke audiens target. Product marketing campaign adalah salah satu yang paling penting dan kompleks dalam siklus hidup sebuah produk. Oleh sebab itu, dibutuhkan komunikasi pemasaran yang efektif untuk memengaruhi penjualan.

Contoh dari product marketing campaign adalah ketika Apple meluncurkan iPhone pertamanya pada 2007. Kala itu, dalam sebuah viedeo yang kini legendaris, Steve Jobs menekankan kalimat “menciptakan kembali telepon” dengan memberi dunia smartphone yang memiliki layar sentuh lebar, musik, panggilan, dan fitur internet semuanya dalam satu perangkat.

Campaign Marketing Akuisisi

Apa itu campaign marketing akuisisi adalah kampanye yang tidak hanya meningkatkan kesadaran merek, tetapi juga membantu memperoleh lebih banyak lead, pelanggan, dan penjualan. Ada banyak jenis kampanye yang termasuk dalam jenis ini karena ini adalah proses berkelanjutan yang menggunakan beberapa kampanye untuk mencapai tujuannya.

Seringkali ini dilakukan dengan menawarkan konten yang sifatnya uji coba untuk membuat calon pelanggan tertarik dan terlibat dalam pemasaran. Oleh karena itu, akuisisi sering melibatkan pemasaran konten serta CTA. Sebagai contoh, Dropbox menggunakan strategi akuisisi afiliasi yang memberi pelanggan mereka space tambahan jika mengundang teman merekaa untuk mendaftar.

SEO Campaign

SEO campaign adalah sebuah usaha untuk meningkatkan peringkat sebuah situs di search engine. Dengan meningkatkan peringkat, situs tersebut akan dapat mencapai halaman pertama halaman hasil mesin pencari (SERP) dan mendapatkan potensi lalu lintas organik.

Misalnya sebuah bisnis membangun bcaklink untuk situs web mereka. Backlink adalah salah satu faktor peringkat untuk mesin pencari seperti Google. Itu sebabnya membangun backlink dapat meningkatkan peringkat di SERP. Dengan semakin tinggi peringkat situs tersebut, maka akan semakin banyak lalu lintas organik yang mereka dapatkan.

Baca juga : Apa Itu Keyword Difficulty Pada Artikel SEO?

Social Media Campaign

Campaign jenis ini menggunakan platform media sosial untuk menjangkau target audiens. Ini karena media sosial memungkinkan Anda untuk berinteraksi langsung dengan audiens yang mengikuti merek Anda. Campaign di media sosial dapat menyebar dengan cepat melampaui pengikut Anda untuk menjangkau audiens yang besar secara organik.

Contohnya Apple membuka akun Instagram resmi mereka pada tahun 2017 dengan kampanye #shotoniphone. Dalam kampanye ini mereka mengundang pengguna untuk memposting foto dan video berkualitas yang diambil dari iPhone. Itu adalah cara yang sempurna untuk mempromosikan nilai jual penting dari produknya.

Nah, setelah menyimak penjelasan tentang apa itu campaign marketing, apakah Anda telah siap memulai kampanye pertama Anda? Jika masih kesulitan, jangan ragu untuk menghubungi profesional dalam dunia digital marketing seperti A-Creative. Ikuti @acreative.id di Instagram dan dapatkan info bermanfaat lainnya.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.