fbpx

Aktifkan Shopping Tag Instagram dengan Mudah

Fitur shopping Tag Instagram menjadi fitur yang kehadirannya sangat membantu baik dari sisi pelaku usaha ataupun konsumen.

Instagram (IG) telah menjadi salah satu media sosial yang kini paling sering diakses dan digunakan oleh banyak orang. Dari penggunaan yang bersifat untuk socialize, entertainment, hingga untuk bisnis.

Untuk bisnis, IG adalah platform yang tepat karena media sosial ini berbasis dengan visual. Sangat tepat sebagai etalase untuk menaruh produk jualan Anda.

Fitur lama seperti stories hingga live pun sangat menunjang perkembangan bisnis Anda baik meningkatkan penjualan ataupun mempererat engagement dengan konsumen.

Namun, seiring waktu dengan melihat banyaknya transaksi bisnis maka IG pun berinovasi dan salah satunya adalah Shopping Tag Instagram.

Apa Itu Shopping Tag Instagram?

Shopping Tag Instagram adalah fitur yang memudahkan konsumen untuk berbelanja. Fitur ini bisa ditampilkan pada postingan Anda baik itu di Feeds atau Stories.

Mungkin Anda juga pernah melihat sebuah postingan atau stories yang terdapat tag yang memunculkan info nama dan harganya. Ya itu adalah fitur Shopping Tag Instagram.

Ketika Anda meng-klik tag, Anda akan langsung diarahkan ke halaman toko (shop) milik akun yang menjual produk tersebut. Selain itu juga terdapat tautan keluar ke website toko bersangkutan.

Dari sisi pelaku usaha cara ini memudahkan dalam mengkonversi audiens menjadi konsumen hanya dalam sekejap.

Syarat Daftar Shopping Tag Instagram

shopping tag instagram

Fitur Tag ini sangat penting untuk melesatkan penjualan dan memperbesar bisnis Anda, namun sayangnya belum banyak yang memaksimalkanya. Padahal untuk mengaktifkan fitur ini sangat mudah. Berikut langkah – langkahnya:

Konfirmasi Produk

Pastikan barang yang Anda jual adalah produk fisik. Saat ini jasa dan layanan tidak boleh masuk fitur ini. Pastikan juga Anda telah memiliki website.

Ganti akun IG menjadi Akun Bisnis

Akun bisnis Anda akan berisi informasi terkait bisnis seperti alamat bisnis, nomor telepon dan tautan menuju website Anda.

Hubungkan dengan Akun Facebook

Jika belum punya akun Facebook (FB), segera buat sangat mudah kok. Untuk menghubungkannya buka profil IG, pilih ‘’settings’’ lalu pilih ‘’Account Center’’ lalu hubungkan dengan FB Page Anda. Jangan lupa tambahkan tab Toko di FB Anda.

Buat Katalog Produk

Di FB lalu masuk ke ‘’Business Manager’’ dan di section ‘’pengelola katalog’’  klik ‘’create catalog’’ dan ikuti langkahnya,

Unggah Produk

Untuk mengunggah ada 3 cara yakni, secara manual satu persatu, file CSV, dan  Pixel yang terdapat di website Anda.

Pastikan mengunggah produk dengan cara yang benar. Jangan menggunakan huruf capital pada semua kata. Selain itu, info produk Anda juga jelas dari jenisnya, bahannya dan warnanya sehingga memudahkan proses verifikasi.

Aktifkan Belanja Instagram

Selanjutnya kembali ke IG bisnis dan pilih ‘Settings’’ lalu klik ‘’Bisnis’’ dan kemudian pilih ‘’Daftar untuk Belanja’’. Boom, selesai! Mudah bukan kini ada tinggal mencoba menaruh shopping tag pada foto produk Anda. Bisnis tag ini sangat penting bagi pelaku usaha terutama untuk UMKM, karena membantu untuk membuka pasar yang luas. UMKM dapat memasarkan dan menjual produknya antar pulau dan negara.

Apabila Anda kebingunan bagaimana memulai IG shpping, Anda dapat menghubungi kami. A-Creative menyediakan berbagai layanan digital marketing dengan harga yang terjangkau untuk bisnis Anda.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.