fbpx

Adwords Google dan Adsense, Apa bedanya?

adwords

Pandemi yang berdampak besar pada bisnis membuat perusahaan mencari jalan keluar melalui marketing online seperti Adwords Google. Individual pun mencari keuntungan dari besarnya volume traffic website mereka melalui Adsense Google. Jika diperdalam, adwords adalah alat yang disediakan Google untuk periklanan. Adword melakukan strategi bidding atau lelang menggunakan adword keyword dan harganya bermacam – macam.

Namun, beberapa orang masih sering tertukar mempergunakan istilah ini. Padahal, mengetahui perbedaan Adwords dan Adsense cukup penting mengingat keduanya sumber pundi – pundi rejeki bagi banyak orang; perusahaan atau pun individual.

Baca Juga: Revolusi Periklanan Melalui Digital Advertising, Efektifkah?

Jadi, mari kita mengenal Google Adwords dan Google Adsense!

Pengertian Adwords Google

Google adwords adalah fitur pada Google yang memungkinkan seseorang untuk memasang iklan pada jaringan pencarian Google. Kini, Google lebih mempopulerkan nama Google Ads dibanding Google Adwords. Sebab, Google tidak lagi hanya menyasar pada iklan pencarian (word based) tetapi juga display dan video.

Pada, adword iklan Anda akan muncul pada hasil pencarian Google berdasarkan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Tujuan Google Adwords adalah mengarahkan target market Anda supaya mengunjungi website Anda. Google adwords bisa menjadi solusi strategi marketing dengan budget tidak terlalu besar. Hal ini disebabkan Google menggunakan sistem PPC (Pay Per Click) pada Google Adwords.

Baca Juga: Iklan Pay-Per-Click dan Keuntungannya Untuk Bisnis Anda!

Jadi, dengan sistem PPC Anda hanya perlu membayar jika ada yang mengklik iklan Anda. Anda juga bebas menentukan estimasi biaya iklan Anda. Seperti berapa biaya klik maksimal yang ingin Anda bidding.

Pengertian Google Adsense

Tidak serupa dan tidak sama. Google Adword dan Google Adsense memang berbeda. Adsense adalah fitur dari Google yang memungkinkan Anda untuk memasang iklan di dalam website atau blog Anda. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang terpasang pada website Anda.

Google Adsense juga menerapkan sistem PPC (Pay Per Click) sebagai cara pembayarannya. Semakin banyak orang yang mengklik iklan pada website Anda, maka semakin banyak pendapatan yang Anda terima.

Mengelola Iklan dengan Google Ads Management

Google Ads Management adalah platform yang digunakan untuk mengelola iklan yang ditampilkan pada suatu website. Dengan Google Ads Management Anda bisa mengelola iklan dengan lebih praktis. Anda bisa menayangkan iklan ke website, web seluler, aplikasi, game atau kombinasinya. Penerapan iklan yang tepat akan memudahkan Anda untuk menganalisis pemasaran produk.

Baca Juga: Seberapa Ampuh Instagram Ads Untuk Jualan?

Jadi, Pilih Adsense Google atau Adwords Google?

Google Adwords dan Google Adsense sama-sama bisa memberikan keuntungan kepada Anda. Keduanya memiliki fitur dan fungsi masing-masing dalam strategi digital marketing. Apabila website Anda sudah cukup banyak traffic, tidak ada salahnya mengajukan pemasangan adsense pada Google. Sebaliknya, jika Anda yang membutuhkan traffic maka pasanglah Google Ads untuk mendatangkannya.

Selain itu, Google Adwords lebih cocok digunakan untuk Anda yang sedang membangun bisnis online. Memasang iklan dengan Google Adwords memungkinkan Anda mendapatkan pengunjung website lebih banyak. Sedangkan, Google Adsense lebih cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari iklan yang dipasang pada website atau blog Anda. 

Baca Juga Panduan Facebook Ads: Definisi, Teknis dan Istilah

Selanjutnya, bagaimana cara menggunakan Google Adwords atau Google Ads? Anda bisa mengisi formulir di bawah ini agar team digital marketing A-Creative dapat menjalankan iklan Anda secara optimal.

[fluentform id=”2″]

Kunjungi blog kami untuk mendapatkan tips digital marketing lainnya : Blog Digital Marketing

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.